Jenis Mesin Ultrasonografi (USG)

 

Dalam dunia kedokteran modern ini, keberadaan peralatan medis sangan Penting, baik untuk mendiagnosa penyakit maupun penyembuhan pasien.  Kemajuan alat-alat medis berkembang pesat terutama yang berhubungan dengan teknologi digital.  Salah satu alat medis yg sering kita jumpai adalah mesin USG.  

Alat ini digunakan untuk mendiagnosa penyakit dan juga sebagai alat bantu tindakan intervensi (bedah).  jenis alat USG sendiri pun bermacam-macam. Sebelum mengenal macam macam alat USG, terlebih dahulu kita pahami mode atau Jenis operasi dari USG. Adapun Mode dalam USG adalah :
 
 
Mode Dalam USG 
 
B-Mode/Mode 2D 
Mode ini menampilkan gambar hitam putih.  Gambar yang tampil adalah visualisasi dari organ yang direkam oleh gelombang suara.
 
Mode M Mode
Mode ini menampilkan pergerakan dari organ. mode ini sering dipakai pada pemeriksaan jantung, contohnya, memeriksa pergerakan katup jantung 
 
Mode Colour Doppler
Mode ini menampilkan organ yang teraliri warna.  sering di pakai untuk merekam aliran darah.  berguna sekali untuk memastikan apakah organ tersebut pembuluh darah atau bukan 
 
Mode Power Doppler
Sama seperti mode colour doppler, tetapi visualisasinya hanya satuu warna.  mode ini banyak digunakan untuk memeriksa masa/tumor 
 
Mode PW Doppler
Mode ini memvisualisasikan spektum doppler dari pembuluh darah.  informasi yang di terima berupa data penting, seperti kecepatan aliran darah, jumlah aliran darah dll 
 
Mode CW Doppler
Sama seperti PW, tetapi khusus untuk jantung 
 
Mode 4 Dimensi
Memvisualisasikan bentuk 3D sebuah organ.  3D sering di sebut mode 4D karena pengambilan gambar 3D dilakukan secara live.  mode ini sering digunakan oleh dokter kandungan untuk menampilkan gambar 3D dari bayi
 
Mode 4D HD
Pengembangan dari mode 4d standard.  Mode ini memvisualisasikan gambar 3D dengan warna menyerupai kilit asli sehingga lebih jelas.  Nama mode ini pada usg bisa berbeda beda tergantung merk.

Setelah memahami mode pada USG, Kita akan lebih mudah dalam memahami jenis jenis USG.


USG Portable/ Jinjing


Alat ini berbentuk seperti laptop atau bisa dibilang alat USG kecil.  Dari segi fitur, alat ini bisa di bagi ke beberapa kelompok.  Secara umum jenis2 USG portable adalah :
  1. Portable Black and White (hitam-putih) : Merupakan alat USG paling sederhana jika dilihat dari teknologi yang di sematkan.  Mode dalam USG jenis ini adalah B Mode dan M mode.  Alat ini menampilkan hasil USG 2 dimensi hitam putih.  hasil dari usg ini memiliki resolusi yang rendah tetapi cukup untuk mendiagnosa pemeriksaan dasar, seperti janin dan Abdomen.  Harga Alat ini relatif murah, biasanya di bandrol di kisaran 20-50 juta.  Kebanyakan pabrikan yang masih memproduksi alat jenis ini adalah pabrikan dari cina.
  2. Portable Colour Doppler (USG Berwarna) : USG jenis ini merupakan pengembangan dari USG blak and white.  teknologi tambahan adalah COLOUR DOPPLER sehingga alat mampu menampilkan aliran pembuluh darah dan kecepatan alirannya. mode dalam USG ini adalah Colour, Power, PW.  untuk Mode CW, kadang di sematkan, kadang di kunci.  Karena mode CW hanya bisa di gunakan pada probe Phase Aray/Echo/Sector
  3. Portable 4 Dimensi : Sebenarnya, alat USG jenis ini tergolong USG canggih karena mampu menampilkan hasil gambaran USG 4 Dimensi. Meskipun ukuran kecil, harganya cukup mahal pada kisaran minimal 300 juta. Mode yang ada di mesin jenis ini biasanya B mode, M Mode, Colour Doppler, Power Doppler, PW doppler, 4 Dimensi.  untuk mode 4D HD, terkadang sudah tertanam, terkadang optional, tergantung strategi pemasaran masing masing merk.
  4. Tablet : jenis ini adalah variasi bentuk dari USG portable karena mengikuti perkembangan teknologi.


USG Mobile




Alat ini memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan jenis portable.  dari segi fitur yang yang di sematkan, USG ini lebih kompleks dan bisa di bilang lebih canggih.  Adapun jenis-jenis USG mobiule sebagai berikut :
  1. Mobile Black And white : teknologinya hampir sama seperti portable black and white, tetapi biasanya memiliki resolusi yang lebih baik.  Alat ini mungkin tidak di produksi lagi dikarenakan perkembangan jaman. Mode pada usg ini adalah B Mode dan M mode
  2. Mobile Colour Doppler :Alat ini mampu menampilkan citra gambar 2D dengan pewarnaan (tampilan warna) dari pembuluh darah.  aplikasi ini di sebut color doppler. Mode dalam USG ini adalah B Mode, M Mode Colour, Power, PW, CW.
  3. Mobile 4D : hampir sama seperti color doppler, tetapi mesin jenis ini di lengkapi fitur 4D sehingga mampu menampilkan gambaran 4 Dimensi.
  4. Mobile Echo/ Jantung : Kemampuan utama alat ini adalah menampilkan gambaran USG dari jantung. 

USG Khusus

USG khusus sebenarnya sama seperti mesin pada umumnya, tetapi mereka mempunyai keunggulan pada bidang tertentu. Contohnya, USG jantung (keunggulannya di bidang pemeriksaan jantung), USG Urology (memiliki keunggulan di bidang urology), USG Anasthesia (Keunggulannya dibidang anasthesi)

Komentar

Posting Komentar