Pemeriksaan USG Ginjal



Ginjal adalah organ ekskresi dalam veterbrata yang berbentuk kacang.  Ginjal yang tergabung sistem urin, bertugas menyaring kotoran terutama urea pada darah dan membuangnya dalam bentuk cairan kencing.  Departemen rum ah sakit yang menangani pemeriksaan ginjal adalah departemen Urology.

Kelainan pada ginjal
Batu (Nefrolithiasis)
Merupakan penyakit dimana terbentuknya sytruktur keras pada ginjal yang berasal dari limbah darah. Endapan batu ginjal juga dapat disebabkan oleh makanan maupun masalah kesehatan lainnya.  secara umum, ada 4 golongan batu, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit dan batu sistoin.

Kista (Renal Cyst)
Merupakan keadaan dimana terbentuk benjolan berbentuk cair pada ginjal. Kista dapat terbentuk karena komplikasi penyakit lain.  Pengobatan penyakit ini biasanya dilakukan dengan obat dan tanpa operasi.  Kista ginjal jarang berkembang menjadi kangker.

Penumpukan cairan (Hydronephrosis)
Keadaan dimana terjadi penumpukan cairan pada saluran ginjal.  penyakit ini bisa dikarenakan infeksi ataupun saluran yang tersumbat oleh batu

Masa/ tumor 
Seperti masa pada organ2 lain, masa tidak diketahui penyebab pastinya.  Hal ini terjadi dalam waktu yang lama, bahkan samapai puluhan tahun.  Jika terdeteksi masa, akan lebih baik jika lakukan pemeriksaan USG color dopler guna memastikan apakah itu tumor ganas atau tumor jinak.
Persiapan Pasien :
  • Dapat dilakukan tanpa persiapan.  Namun, lebih baik pasien puasa selama 6 jam
Pemeriksaan USG Ginjal

  • Pasien Tidur terlentang, dapat juga miring ke arah kiri untuk scan ginjal kanan dan miring ke arah kanan untuk scan ginjal kiri (lihat Gambar 1)
  • Oleskan gelly USG pada probe convex.
  • untuk scan ginjal kanan, letakan probe di subcosta bagian samping kanan.  lalu pasien tarik nafas, tahan nafas. lalu ambil gambar. nafas normal kembali
  • untuk scan ginjal kiri, tempatkan probe interkosta pada midsagital line kiri.  
  • lakukan sweeping untuk mengevaluasi keseluruhan ginjal.
Gambar 1. Posisi Probe pada pemeriksaan ginjal kanan dan kiri


Gambar 2. Tampilan USG normal dari organ ginjal potongan sagital

Keterangan gambar 2 :
  1. RLL/ Right Lobe Liver/ LIver lobus kanan
  2. RK/ Right Kidney/ Ginjal Kanan
  3. LK/ Left Kidney/ Ginjal kiri
  4. SP/ Spleen/ Limpa
Dari hasil skening di atas, kita dapat melihat penampakan ginjal dalam pencitraan USG.  ginjal terlihat seperti biji kacang.  echostrukturnya hipoechoic (lebih gelap) jika dibandingkan dengan hati.  Panjang Ginjal normal adalah 8-11 cm dimana ginjal kiri lebih besar dibanding ginjal kanan.


Kelainan pada USG Ginjal

 Gambar 3.  Batu ginjal / Nefrolitiasis.  terlihat jelas struktur hyperechoic (putih/tanda panah) yang diikuti bayangan hitam dibawahnya (shadowing)



 Gambar 4.  Kista pada ginjal.  Terlihat jelas masa unechoic (hitam/tanda panah) pada ujung ginjal


Gambar 5.  Hydronephrosis. Terlihat jelas penumpukan cairan (tanda panah/hitam) pada pelvic calises ginjal.  Gambar kanan karena adanya sumbatan batu (warna putih)



Gambar 6.  Masa Ginjal.  Terlihat struktur tambahan pada ujung dan tengah2 dari ginjal (tanda panah).  Perlu evaluasi apakah tumor itu ganas atau jinak.  Biasanya akan menggunakan pemeriksaan USG Color Doppler


Akhir kata

Ginjal adalah organ vital, kita tidak bisa hidup tanpa ginjal.  Maka sudah sewajarnya kita menjaga kesehatan ginjal kita.  Adapun cara yang dapat dilakukan untuk hal tersebut adalah seperti yang saya kutip dari DOKTERSEHAT.COM  :

1. Mengatur pola makan
Ini merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

2. Aktif Bergerak
Ginjal Anda bisa dijaga dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

3. Jaga Berat Badan
Perut bergelambir akibat tumpukan lemak bisa menurunkan rasa percaya diri Anda jika sedang bercengkrama dengan teman. Selain mempengaruhi keadaan emosional Anda berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

4. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok
Tembakau yang Anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok (dan juga alkohol) juga menjadi penyebab utama tubuh Anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.

5. Kontrol Tekanan Darah
Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bahwasanya sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

6. Minumlah Air Putih
Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda.

7. Hindari Stres
Stres yang menyerang Anda membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko Anda terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.

8. Rajin Berolahraga
Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.

9. Menghindari Beberapa Obat Antibiotic dan Anti Nyeri
Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal Anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.



Disusun Oleh : Lujeng Prayitno (Sonografer)


Komentar

  1. Artikel yang sangat lengkap dan bermanfaat, terimaksih atas sharingnya. Obat gagal ginjal tanpa cuci darah yang aman tanpa efek samping apapun terbuat dari herbal alami keterangan dan metode terapinya silahkan baca artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih . . sukses buat obat gagal ginjalnya ya pak

      Hapus
  2. termakasih banyak penjelasanya gan... sangat membantu dan bermanfaat.. (y)

    BalasHapus
  3. penjelasannya singkat padat jelas. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Trima kasih atas sharenya,sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  5. pak mohon masukannya, antara usg ginjal dengan rontgen ginjal, mana yg lebih efektif tapi aman buat kesehatan ya?
    kalo rontgen saya takut radiasinya pak, mohon dibalas. terimkasih.

    BalasHapus

Posting Komentar