Dasar-dasar alat Ultrasonografi



Sering kali kita akan kebingungan jika memakai alat USG yang tidak kita gunakan. Alasannya tentu beda merk, beda tombol. Namun sebenarnya, semua alat USG pada prinsipnya sama, baik yg harganya murah maupun mahal. Kita bisa bayangkan sebuah mobil, jika kita sudah paham apa itu fungsi steer, rem, gas, kopling, maka kita akan bisa mengendarai mobil jenis apapun dan merek apapun. Karena itulah dasar pemakainnya. Sama halnya dalam pengoprasian alat USG.  Jika kita sudah memahami dasar-dasar pemakaian alat USG, maka kita akan mampu mengoprasikan berbagai jenis merk alat tersebut. 




Komponen alat USG

1.   Monitor
Monitor dalam alat USG berguna untuk menampilkan gambar hasil skening. Dengan monitor, operator dapat memberikan penilaian mengenai pemeriksaan.  Ada beberapa jenis monitor, antara lain CRT (tabung), LCD dan LED.  Dalam perawatannya, monitor akan lebih baik jika kita sering membersihkanya.  Dapat menggunakan tissue maupun kain halus. Jika terdapat kerak, dapat membersihkannya dengan kain lembab.  Jangan menggunakan alcohol karena dapat merusak lapisan monitor.

2.     Tranducers/ Probe
Tranducer merupakan komponen yang penting dalam USG. Jika terjadi kerusakan pada alat ini, maka secara keseluruhan alat USG akan terganggu fungsinya, atau bahkan tidak dapat dipakai sama sekali.  Untuk perawatannya, lakukan pembersihan gelly setelah pemakaian alat.  Jangan sampai membiarkannya mongering pada tranducers.  Jika sampai terjadi kering, maka kita dapat membersihkannya dengan kain basah.  Jangan pernah membersihkan tranducers dengan alcohol.  Sebenarnya, pada pembersih alcohol yang dipasarkan, terdapat kandungan alcohol.  Namun, itu sangat kecil, hanya mengandung alcohol 2%.  Sedangkan alcohol yang biasa tersedia di rumah sakit, biasanya merupakan alcohol 70%.  Penggunaan alcohol dikhawatirkan akan merusak lapisan karet dari tranducers.  Dalam pemakaian harus hati-hati, jangan sampai terjatuh, terbentur ataupun terlindas kabelnya.  Kerusakan pada probe sangat sulit di perbaiki.  Jadi, seandainya probe rusak, kebanyakan kasus, pemilik harus membeli lagi. Dan itu cukup mahal.

3.     Papan tombol
Merupakan bagian dimana tombol fungsi alat berada.  Console bisa berupa tombol analog, touchscreen, ataupun kombinasi dari keduanya.  terkadang, penamaan tombol berbeda jika merk alatnya beda. beberapa nama tombol sama adalah :
  • B Mode : B, 2D
  • Colour mode : Colour, C, CFM (colour Flow Maping)
  • Gain terkadang di buat tombol terpisah, ada juga menyatu dengan tombol mode.  jadi, penggunaan tombol gain dengan memutar masing- masing tombole mode 
 
 Hindarkan cairan dari konsol karena dapat menyebabkan kerusakan.  Terkadang saat pemeriksaan, tanpa sadar kita menjatuhkan jelly pada console.  Untuk console touchscreen, dapat dilakukan kalibrasi.  Jika tidak tau caranya, silahkan hubungi teknisi alat yang bersangkutan.
 




4.     Mesin
Mesin USG hamper mirip seperti computer pada umumnya.  boleh dibilang, 70% komponen mesin USG sama seperti komputer.  Didalamnya terdapat berbagai komponen dan software.  OS yang digunakan biasanya windows dan Linux.  Mesin USG dapat bertahan lama jika perawatannya baik.  Alat harus di tempatkan diruangan berAC, serta sering membersihkan saringan udara untuk menghindari debu masuk kedalam mesin.

5.     Printer
Printer merupakan sarana untuk mencetak gambar hasil pemeriksaan.  Sebagian besar vendor alat USG menyediakan printer khusus USG seperti sony maupun mitsibishi.  Namun, beberapa tipe alat dapat diinstall computer umum, seperti canon shelpy, HP, atau Epson.
  




Komentar

  1. info yang sangat bermanfaat..terimakasih atas share ilmu nya...

    BalasHapus
  2. casino slots games: The 10 best slots - DrMCD
    Slots have been entertaining for over 제주 출장안마 a decade Slot 안동 출장안마 machine games 영천 출장마사지 are the best that we've seen in 울산광역 출장샵 the world of 광주광역 출장마사지 games that we've found a

    BalasHapus

Posting Komentar